Tukeran Kartu Pos, Yuk! :)

Waktu masih duduk di bangku SD dulu saya sempat hobi mengumpulkan prangko, sempat juga iseng ikut dalam acara Kantor Pos di Indonesia berhadiah berbagai merchandise yang berhubungan dengan surat menyurat. Sayangnya saya yang pemalas ini seperti biasa cepat bosan dan kemudian sama sekali tak melanjutkan hobi filateli ini. Tapi yang jelas di masa-masa SMA dan tahun-tahun awal kuliah S1 dulu saya masih cukup sering berkirim kartu ucapan lebaran ke beberapa teman dan sampai sekarang pun kartu-kartu ucapan yang saya terima dulu itu masih tersimpan rapi di rumah di Indonesia. Feeling-nya beda aja gitu waktu pak pos datang ke rumah bawain kartu beneran dan bukan ucapan lewat SMS atau e-mail atau pesan elektronik lainnya 😀

Beberapa tahun terakhir selama menetap di Jepang, bisa dibilang saya cukup sering membeli kartu pos kalau sedang jalan-jalan ke tempat wisata setempat. Tujuannya sih untuk koleksi belaka, karena kadang kunjungan saya adalah di musim yang berbeda dengan pemandangan yang dicetak di kartu pos, kadang juga untuk motivasi supaya bisa datang lagi di musim lainnya supaya menikmati suasana berbeda.

Kartu pos favorit adalah Tateyama Kurobe Alpine Route di musim gugur, semoga tahun ini saya bisa kesampaian hiking ke sana, aamiin..

Baru sekitar empat tahun yang lalu saya mulai iseng mengirim kartu pos ke diri sendiri kalau sedang jalan ke luar kota. Dan kartu pos pertama buat diri sendiri ini dikirim dari puncak Gunung Fuji yang tersohor itu, loh! 😀 Tapi sayangnya lagi-lagi niat berkirim kartu pos ini tak dilanjutkan sampai hampir dua tahun kemudian waktu saya akhirnya mengirimkan kartu pos kenang-kenangan dari Granada di tahun 2013! Sempat terjadi accident juga karena saya menulis alamat dalam kanji dan tidak mencantumkan “JAPAN” di akhir alamat. Walhasil si kartu pos sempat nyasar dulu ke Taiwan sebelum mendarat dengan selamat di Jepang *tehe! 😀

IMG_3795

Stamp bergambar Gunung Fuji! 🙂

IMG_3794

Kartu pos pertama dari luar Jepang, missent to Taipei 😀

Sejak itu saya jadi lumayan “rajin” nodongin teman-teman (teman dekat –red) untuk mengirimkan kartu pos ke saya kalau mereka sedang berada di luar kota atau pun di luar negeri 😀 Tapi gak pernah maksa kok saya minta kartu posnya, kalo yang bersangkutan bersedia dan gak ngerepotin aja koook *pembelaan diri 😀

1456602_10152027475882020_150091474_n

Kartu pos lucu dari Afwa yang lagi shuccho ke Thailand 🙂

IMG_3803

Kartu pos dari Seoul yang saya kirim buat diri sendiri pas ngekor suami ke conference 😀

IMG_5402

Kartu pos dari Wakkanai yang dikirimin Intan! Prangko nya pun khas Wakkanai!

Kartu pos-kartu pos yang sudah terkumpul ini kemudian sebagiannya saya pajang di dinding kamar dan sukses bikin suami komplain bilang “menuh-menuhin dinding aja!” yaaang tentunya saya anggap angin lalu saja 😀 *lanjut masang-masangin kartu pos di dinding*

IMG_3791

Kayaknya saya emang gak punya jiwa seni deh, nyusunnya berantakan gini, dan jadilah suami protes pusing ngeliatnya 😀 Sebagian kartu pos lainnya masih tersimpan rapi di rak buku 😀

Dari hasil browsing dan baca sana-sini, ternyata cukup banyak situs yang memfasilitasi penggunanya untuk bertukar kartu pos bahkan dengan orang yang awalnya tak saling kenal sekalipun! Kayaknya seru ih! Ah, tapi saya mah level ngumpulin kartu pos-nya cuma seadanya belaka, posting-nya di blog pribadi ini sajalah ya 😀

Jadi, kalau ada yang berminat bertukar kartu pos dengan saya, boleh langsung kirim e-mail ke novriana.08@gmail.com beserta nama dan alamat lengkap. InsyaAllah akan direspon dalam waktu sesingkat-singkatnya 😀

Kebanyakan kartu pos dari Kyoto ternyata 😀

 

10 responses to “Tukeran Kartu Pos, Yuk! :)

  1. Mb Adeeeek. Kita samaan bangeeet XD! Hahaha.. Seneng ngirim kartu pos buat diri sendiri. Skarang aku ikutan postcrossing, jadi ngirim postcard jadi lebih rutin. Ku japri ya mbak, minta alamatnya njenengan. Ntar takkirimin postcard dari tanah air juga (*postcardnya bisa milih mw yang dari negara mana :D)

    • Waaa tos dulu klo gitu, Chiku! 😀
      Postcrossing kayaknya seru yaa, tapi mbak takut gak bisa rutin 😀
      Imelnya udah masuuk, ntar mbak bales yaa.. Arigatou, Chiku 🙂

  2. Dear Novriana,

    初めまして、イノンと申します. ジャカルタに住んでいます。

    Hallo Nov, aku Inong…Udah lama jadi silent reader blog ini secara aku suka banget sama Jepang, dan gara gara tawaran kartu pos jadi bukan silent reader lagi deh 😀

    Aku kerja jadi penterjemah bahasa Jepang di salah satu pabrik ballpen di Jakarta. Dan tahun kemarin pas ke Jepang juga sempat ngirim kartu pos buat diri sendiri dan teman dari Nikko. Kalau boleh, aku juga minta tolong dikirimin kartu pos lagi dari Novriana bolehkah? Ntar aku kirim emailnya ya 🙂

    宜しくお願い致します

    • Halo, mbak Inong! Salam kenal.
      Waah, senangnya kalau ada silent reader yang jadi muncul ke permukaan, hehe.. Ternyata tawaran kartu pos canggih juga 😀

      Waah, mbaknya jago banget doong bahasa Jepangnya klo gitu, keren ih mbak jadi penerjemah! Siap boleh banget dong mbak tukeran kartu pos nya. Imelnya barusan udah masuk, bentar saya bales ya mbak 🙂

      宜しくお願い致します

  3. Pingback: Terima kasih, Pos Indonesia :-) | pinkuonna·

  4. Nyasar karena hastag kartu pos 😁. Masih berlaku nggak mbak tawaran kartu posnya, kalau boleh aku mau juga donks tukeran kartu pos. Tapi aku kirimnya dari Indo. Makasi banyak dan salam kenal 😊

What do you think?

