Cara Hemat Menumpang Bernina Express

Sejak kapan persisnya saya jadi self-proclaimed train enthusiast (atau tetsudou mania dalam bahasa Jepang -red) pun saya tak ingat persis. Tapi yang jelas, hobi foto-foto kereta dan stasiun ini makin berkembang karena didukung sistem perkeretaan di Jepang yang bisa dibilang sangat matang dan mengakomodir pecinta kereta di seluruh negeri *halah lebay!

Nah, sejak di Jepang ini juga, ada beberapa acara di televisi yang sering membahas kereta bersama rombongan komedian 鉄道BIG4 yang selalu sukses bikin saya harus menambahkan berbagai lokasi dan jenis kereta ke dalam daftar tempat yang ingin saya kunjungi! Termasuk salah satunya kereta di Swiss yang jendelanya tinggiii banget hampir sampai ke langit-langit kereta supaya para penumpang bisa sepuasnya menikmati pemandangan pegunungan Swiss. Saya masih ingat banget waktu itu saya dengan niatnya browsing Youtube demi nonton video kereta cakep itu!

Sejak beberapa tahun lalu juga saya sudah memasukkan cita-cita keliling-Eropah-naik-kereta-dengan-Eurail-pass ke dalam bucket list saya. Dan saat sedang mencari informasi tentang perkeretaan di Eropah, sekitar setahun lalu saya pun mendarat di situs www.seat61.com di mana kemudian saya menemukan bejibun cerita tentang kereta di banyak negara di seluruh belahan dunia yang semua ceritanya seru-seruuuu!! Salah satu yang paling bikin saya cuma bisa menelan ludah (gara-gara gak sanggup nyiapin budgetnya setelah saya menemukan situsnya) adalah bahasan tentang Orient Express yang juga tersohor lewat novel Agatha Christie itu!

Maka saat abstract saya diterima untuk konferensi di Pavia bulan September lalu, dan setelah “negosiasi” untuk berangkat dari Tokyo lebih awal (dengan syarat tiket pesawat pergi saya bayar sendiri) berjalan dengan lancar, saya pun langsung kembali ke seat61.com untuk menentukan kereta mana yang akan saya tumpangi saat menempuh perjalanan dari Jerman (setelah melipir ke tempat teman) ke tempat conference di Italy. ☺

Karena saya akan “turun” dari Jerman ke arah Italy (via Zurich), maka setelah mengumpulkan berbagai informasi, rute perjalanan berhasil saya sempitkan menjadi dua pilihan yaitu Glacier Express ke arah Zermatt, atau Bernina Express ke arah Tirano. Postingan Mark Smith (the guy behind seat61.com -red) tentang kedua jenis kereta panorama ini awalnya malah membuat saya makin dilema menentukan kereta mana yang sebaiknya saya tumpangi dalam satu hari saja itu (maklumlah jatah waktu kabur saya super singkat). Glacier Express dan Bernina Express ini katanya sih saudaraan, dan keduanya sama-sama menawarkan pemandangan cakep dari pegunungan bersalju di Swiss dengan ciri khas keretanya masing-masing. Tapi setelah memperhitungkan jarak yang ditempuh dan efektifitas waktu, pilihan saya jatuh pada Bernina Express yang ternyata adalah kereta wisata dengan jendela tinggi tanpa pembatas hingga hampir ke langit-langit kereta seperti yang pernah saya lihat beberapa tahun lalu di Youtube! Makin mantaplah saya melanjutkan persiapan perjalanan mengikuti penjelasan dari seat61.com tentang Bernina Express.

image2

Jendela tinggi sampe hampir ke langit-langit kereta

Mengingat Swiss sangat terkenal dengan biaya hidup paling mahal di dunia itu, saya pikir wajar saja kalau harga tiket keretanya (apalagi kereta wisata) super duper mahal! Dan awalnya saya sudah memantapkan hati untuk menabung demi mengalokasikan budget tiket kereta Bernina Express ini. Tapi, di postingan seat61.com ini saya menemukan cara “hemat” membeli tiket Bernina Express yang memangkas biaya sekitar 65% (atau dalam kasus saya kemarin sekitar 40%). Detail tata cara membeli tiket hemat ini bisa langsung dibaca di situs seat61.com.

Jadi ternyata, perusahaan kereta Jerman (Deutsche Bahn) menyediakan penawaran harga tiket promo untuk rute keberangkatan dari stasiun mana pun di Jerman sampai ke stasiun mana pun di Swiss! Dan harga ini akan lebih murah lagi kalau tiketnya dibeli jauh-jauh hari (biasanya tiket mulai bisa dipesan sekitar 90 hari sebelum hari keberangkatan). Nah, untuk kasus saya yang akan menempuh rute southbound, dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di seat61.com, saya pun memesan tiket melaui situs Deutsche Bahn dengan keberangkatan dari stasiun Freiburg (pemberhentian utama sebelum perbatasan Jerman dengan Swiss) sampai ke stasiun Tirano. Dan karena saya sebenarnya akan berangkat dari Zurich, jadi praktis tiket kereta Freiburg-Zurich tidak akan saya pakai.

Awalnya saya masih ragu-ragu apakah cara “hemat” ini benar-benar legit atau berisiko ilegal karena sebagian tiket tidak akan saya pakai. Walaupun sudah browsing sana-sini dan menemukan beberapa review orang-orang yang menceritakan “kesuksesan” mereka menghemat sekitar 50 euro, sampai hari keberangkatan pun saya masih belum berani membeli tiket ini. Baru kemudian setelah mendarat di tempat teman saya di Mannheim, dan setelah naik kereta beberapa kali tanpa harus melewati gerbang tiket, saya memantapkan diri untuk memesan tiket Freiburg-Tirano dan kemudian menumpang print tiket di lab suaminya teman saya (Melly, makasih lagi yaaa udah di-print-in tiket penyelamat adeeek :D). Dan berhubung saya baru memesan tiket sekitar 4 hari sebelum keberangkatan, harga tiket saya waktu itu adalah sekitar 39 euro –dari yang seharusnya 29 euro kalau dibeli jauh-jauh hari– ditambah 14 euro biaya reservasi seat di Bernina Express. Total 53 euro ini pun masih hemat sekitar 40% dibandingkan harga tiket sekitar 90 CHF dari situs resmi Rhaetian Railway! *lumayan kaan sisa duitnya bisa buat nambah jajan 😀

Pilih keberangkatan malam dari Freiburg

Mengikuti instruksi dan langkah-langkah yang dijelaskan di seat61.com, saya pun memesan tiket seperti terlihat di foto printscreen di atas. Pilih tanggal keberangkatan dari Freiburg satu hari sebelum tanggal sebenarnya yang kita mau. Dan kalau mau berangkat dari Zurich seperti rute yang saya tempuh, jangan lupa juga sertakan “via Zurich” lalu modifikasi dan cocokan supaya jam keberangkatan dari Zurich bisa pas dengan jadwal yang diinginkan. Saya sengaja memilih kereta paling pagi dari Zurich (seolah-olah berangkat malam sebelumnya dari Freiburg) supaya masih ada waktu cukup luang dari Tirano ke Milano, karena hari itu juga saya harus mendarat di Pavia yang masih berjarak 30 menit naik kereta lagi dari Milano.

Singkat cerita berangkatlah saya menaiki kereta dari stasiun Zurich yang berangkat tepat waktu pukul 07:07 pagi menuju Chur. Kereta pagi itu sepi. Seperti biasa tak ada ticket gate sebelum masuk ke arah platform dan saya hanya mengandalkan monitor yang bertuliskan tujuan kereta. Demi meyakinkan diri saya pun bertanya pada ibu di kursi sebelah untuk memastikan kereta yang saya naiki akan berhenti di Chur. Alhamdulillah aman 😀

Stasiun Zurich, malam sebelum keberangkatan saat saya memastikan platform yang mungkin akan jadi tempat saya naik kereta besok paginya :)

Stasiun Zurich, malam sebelum keberangkatan saat saya memastikan platform yang mungkin akan jadi tempat saya naik kereta besok paginya 🙂

Ibu-ibu di kursi sebelah yang bikin saya bisa duduk dengan tenang di kursi tanpa deg-degan salah naik kereta, hehe..

Selang beberapa waktu petugas kereta pun berkeliling memeriksa tiket. Saya masih deg-degan waktu itu karena tiket saya tidak dipakai dari Freiburg. Tapi si bapak langsung men-scan QR-code di tiket saya dan tanpa bertanya macam-macam langsung meminta kartu kredit saya sebagai pengganti ID card. Waktu memesan tiket online, kita bisa memilih kartu apa yang mau kita jadikan ID card, dan saya memang sengaja memilih kartu kredit yang juga saya pakai untuk pembayaran. Si bapak memeriksa nama di kartu dan menyocokkan dengan nama di tiket lalu mengembalikan tiket ke saya sambil bilang “Enjoy your trip!”. Yatttaaa!! Berarti “cara hemat” beli tiket ini insyaAllah aman sodara-sodara!!

The “tiket hemat” ^_^

Alhamdulillah perjalanan selanjutnya menuju Chur, lanjut ke Tirano, Milano dan Pavia hari itu pun berjalan lancar tanpa kendala. Transfer kereta juga berhasil ditempuh sesuai waktu yang saya perkirakan. Detail perjalanan sepanjang pegunungan bersalju di Swiss saat menumpang Bernina Express ini akan saya tuliskan nanti di postingan terpisah *smoga gak kelamaan molornya 😀 Yang jelas cara hemat ini sangat recommended buat yang berminat melakukan perjalanan dengan kereta panorama di Swiss yang satu ini tapi tak berkelebihan waktu (atau pun dana) untuk membeli tiket terusan yang kadang tidak terlalu menguntungkan dibandingkan beli tiket terpisah. Semoga postingan ini bisa jadi referensi untuk meyakinkan diri kalau-kalau ada yang lagi ragu-ragu mau beli tiket hemat ini 😀

Rute Bernina Express

Rute Bernina Express “diprint” di meja keretanya 🙂

Semua orang heboh foto-foto :D

Semua orang heboh foto-foto 😀

The Bernina Express passing through Brasio spiral viaduct

15 responses to “Cara Hemat Menumpang Bernina Express

1. Hii..
    Wah menarik sekali tulisannya..

Kebetulan ada rencana mau ke Milan via Zurich/Geneva juga, jadi pengen pakai jalur Bernina >.<
    Btw ini total berapa lama jadinya dari Zurich smp Milan? Seharusnya dg kereta biasa cuma 4 jam kan…

Thanks sharingnya ya 🙂

Cheers,
    Sari

• Halo, Sari! Kemaren total sekitar 7.5 sampe 8 jam (saya lupa persisnya). Bernina Express sendiri memang katanya “slow express train” gitu, Glacier Express malah katanya “the slowest express train in the world” 😀
      Seingat saya nyampe di Tirano (stasiun tempat turun dari Bernina Express) itu sekitar 12.45. Dari situ lanjut naik kereta biasa (berangkat jam 1an) ke Milan sekitar 2.5 jam lagi. Jadi nyampe MIlan sekitar jam setengah 4 sore, lama ya 😀

Smoga lancar dan menyenangkaan yaa jalan-jalannyaa 🙂

2. Pingback: 7 Musim Gugur di Negeri Matahari Terbit | Jalan-Jalan sambil Makan-Makan・旅・グルメ·

3. halo, salam kenal. saya punya pertanyaan.
    cara reserved seat untuk bernina express harus reserved di website http://www.bhan.de atau harus ke website berninanya sendiri?
    karena ketika saya mencentang “reservation for seat only” di website bhan.de, tidak bisa diproses. dan keluar tulisan seperti ini “It is not possible to make a reservation for international connections at http://www.bahn.de without the purchase of a ticket. Please remove the check mark from the field “Reservation for seat only”, if you would like to buy a ticket for this connection”
    mohon penjelasannya yaa. makasih

• Halo Betari. Reserve seat untuk Bernina Express nya kalo gak salah bisa langsung dari website nya Bahn, tapi mungkin tidak bisa diproses karna Betari mencentang “reservation for seat only”, promo ini mungkin berlaku untuk yang purchase ticket juga lewat Bahn. Jadi bukan cuman seat Bernina Express, tapi purchase ticket untuk rute yang di dalamnya include Bernina Epxress. Barusan saya coba reserve random untuk bulan April ke website nya Bahn, dan kalau tidak mencentang option “reservation for seat only” prosesnya masih bisa dilanjutkan.
      Semoga bisa membantu ya 🙂

4. iya udah dicoba, ternyata cara reserved seat bernina muncul setelah kita pilih keretanya terlebih dahulu 🙂 terimakasih.
    oiya mau tanya lagi, rencananya kan saya mau liburan ke swiss tapi akan menginap di Kota Lucerne nah dari situ mau lanjut lagi ke Italy menggunakan Bernina Express.
    lalu saya coba-coba input jadwal di bahn.de biar dapet kereta Bernina. tentunya sesuai dengan cara yang ditulis di blog ini. hehehehe. Hasilnya dari freiburg, transit di Basel SBB, Zurich, dan Chur.
    kalo liat di blog ini kan anda naik keretanya dari Station Zurich, Jadi kalo saya ingin naik keretanya dari Station Basel SBB bisa juga kan ya??
    mengingat keberangkatan kereta dari basel maupun zurich sangat pagi, jadi saya memutuskan untuk menginap di Basel semalam, setelah bbrp hari menginap di lucerne (saya lebih memilih menginap di Basel karena biaya hotelnya lebih murah dibandingkan di zurich, lagipula paginya udah cabut lagi sayang kalo mahal2 hahahaha).

jujur aja ketakutan saya sama kaya yg anda tuliskan hahaha, takutnya pas dicek tiketnya, petugas akan bertanya kenapa saya ga naik dari Station Freiburg >,< tapi malah naik dari Station Basel SBB. gapapa kan ya?

terimakasih sebelumnya 🙂

• Waa, sip klo gitu udah aman ya buat reserve seat nya 🙂
      Kalau menurut saya harusnya bisa ya naik keretanya dari Basel SBB, di tiketnya pun pemberhentian Basel bakal tertulis mestinya ntar. Soal takut bakal bermasalah karna tiketnya gak dipake dari Freiburg kayaknya insyaAllah aman, karena memang sepertinya kebanyakan stasiun kereta di sana gak ada ticket gate, jadi mungkin gak ada “jejak” yang ngebuktiin kita naik dari stasiun mana, jadi mestinya aman2 aja pas tiketnya dicek di Basel *saya doain smoga tak ada masalah, hehe 🙂
      Tapi ntar kereta dari Basel nya bakal pagi banget dong ya bisa jam 6 ato sebelumnya gitu klo ngejar kereta jam 7 dari Zurich? Iya niiih Zurich mahal banget yaa, saya waktu itu gak ada pilihan lain karna emang cuman mampir sehari doang di Swiss, jadinya jalan2 ekspres sehari aja sambil nginep satu malam 😀
      Smoga lancar ya Betari naik Bernina nya!