Halal Yakiniku Sumiyakiya, Roppongi

Masih melanjutkan serial yakiniku halal di Tokyo, kali ini saya mau posting tentang restoran yakiniku halal Sumiyakiya yang berlokasi di kawasan Roppongi. Sebenarnya restoran yang satu ini sudah sejak cukup lama menyajikan menu halal (kalau saya tidak salah sekitar tahun 2011). Tapi ya itu, lagi-lagi saya terkendala pertimbangan harga (nasip mahasiswa) dan akhirnya baru kesampaian mampir ke sini sekitar akhir tahun 2014 lalu, di jam makan siang, hari kerja, demi menu lunch yang biasanya lebih terjangkau dibandingkan menu dinner, sebelum kabur nonton ke Toho Cinemas Roppongi demi nonton Interstellar *gak penting banget dek! :p

Tampak depan Sumiyakiya

Tampak depan Sumiyakiya *difoto pas mau pulang*

image10

Tersedia juga menu biasa

Tadinya saya sempat patah hati gara-gara waktu saya mendarat di lokasi, di pintu depan restoran ini tergantung papan tulisan “Sorry we’re closed today”, tidaaaaak!!! Iya sih, waktu itu baru lewat 6 menit dari jam buka restoran, tapi mengingat ini di Jepang harusnya udah beres dong ya persiapan buat jam makan siangnya, kenapa masih tutuuuup?? *lebay lagi! Tapi tanpa putus asa saya pun mencoba menelepon ke restorannya dan kemudian si bapak owner keluar membukakan pintu untuk saya 🙂

image2

Masih sepiii belum ada orang lain selain saya 😀

Tapi oh tapi, si bapak bilang bahwa di jam makan siang mereka baru bisa terima tamu yang sendirian setelah lewat jam 1 (sepertinya di jam jam 11:30-13:00 mereka mengincar para salaryman yang ramai berkeliaran di kawasan perkantoran Roppongi untuk makan siang). Namun, sepertinya si bapak kashian melihat saya (yang saya yakin) menunjukkan tampang memelas dan kelaparan. Akhirnya saya dibolehkan masuk dengan syarat makannya tidak pakai lama! *kebetulan banget juga sih film yang mau saya tonton mulainya jam 12.15, jadi saya dari awal memang berencana makan ekspres 😀

Maka tanpa babibu langsunglah saya pesan menu diced steak set yang ada di menu halal mereka, yang memang sudah saya putuskan dari sebelumnya. Daaaaan diced steak-nya ini enak banget sodara-sodara! Dagingnya lembuuut, bumbunya juga terasa lumayan kuat tapi tidak berlebihan, ada mirip-miripnya sama sate Indonesia gitu deeeh *ngasal! Bener-bener recommended pokoknya menu yang ini!

Menu halal untuk set makan siang

Menu halal untuk set makan siang

Diced steak lunch

Diced steak lunch set yang seharusnya plus kimchi tapi tampaknya gak dikeluarin supaya saya bisa makan ekspres 😀

Kali berikutnya saya ke Sumiyakiya ini adalah bersama suami akhir bulan April kemarin *ceritanya dalam rangka anniversary gitu dee, jadi kita pengen makan yakiniku tapi tetap dicari yang murah saja 😀 Saya menelepon dua hari sebelum hari H ke Sumiyakiya untuk reservasi menu set yakiniku, di jam makan siang, di hari kerja (suami ambil cuti waktu itu). Kenapa saya pilih jam makan siang di hari kerja? Karena kalau weekend, Sumiyakiya ini cuma buka di jam makan malam saja, dan menu set yakiniku-nya berkisar antara 3.500 sampai 6.000 yen per orang, sedangkan kalau jam makan siang di hari kerja, ada paket hemat seharga 2.500 yen per orangnya! *teteeeup perhitungan*

Tapi sayangnya waktu saya coba reservasi, mbak-mbak yang angkat telepon bilang kalau mereka sudah tidak menerima pesanann yakiniku set untuk jam makan siang lagi. Cuma katanya dicoba ditanyain ke owner dulu, begitu. Dan alhamdulillah reservasi saya spesial diterima sodara-sodara!! *jadi juga makan yakiniku set* 😀

Appetizer tofu

Semacam appetizer dengan tofu saos pedes asem mirip kimchi

Kimchi

Kimchi! *perhatikan label halal di piringnya*

チキンアンドカルビ

チキンアンドカルビ (ayam dan “galbi“)

Menu set yakiniku untuk jam makan siang ini juga termasuk toge yang sepertinya ditumis dengan minyak wijen, nasi, miso soup, dan satu soft drink seperti yang tertulis di situs mereka. Tapi alhamdulillah ya yang namanya rejeki, selain jenis daging yang termasuk dalam set ini, hari itu kita dapat bonus satu piring daging ロース, yang setelah saya pikir-pikir lagi adalah sama dengan diced steak yang sempat saya coba sebelumnya! *bedanya yang ini kita bakar sendiri* Dan malahan emang ini yang menurut saya dan suami palin enak! Tadinya kita sempat ragu-ragu kenapa tidak disediakan tare alias saos sama sekali untuk “bumbu” dagingnya setelah dibakar (seperti yang tersedia di Gyumon dan Tanden Yoyogi), tapi ternyata bumbu dagingnya sudah mantep sodara-sodara! Tanpa tare pun udah enak banget!! Nasi untuk kita berdua disajikan dalam “gentong” cukup besar dan sepertinyaaaa bisa gratis nambah sepuasnya *kayaknya sih yaaa 😀

Dapet bonus ロース

Dapet bonus ロース

Dilihat dari munculnya kimchi di hampir setiap set menu, bisa ditebak dong kalau Sumiyakiya ini adalah restoran yakiniku ala Korea (yang memang merupakan negara asal yakiniku sih), jadi mungkin penyajiannya sedikit berbeda dengan yakiniku ala Jepang (seperti misalnya tidak disediakannya tare untuk daging yang sudah dibakar). Semoga ada kesempatan mampir lagi ke sini demi makan-makan enak, target berikutnya adalah mencicipi beberapa menu lain yang sepertinya tak kalah enak dari diced steak yang maknyus itu *penasaran sama Chige stew euy!

Lokasi restoran ini tak seberapa jauh dari Roppongi Hills dan bisa ditempuh dalam sekitar 10 menit jalan kaki dari stasiun Roppongi. Alamat lengkapnya bisa dilihat langsung di situs mereka 🙂

2 responses to “Halal Yakiniku Sumiyakiya, Roppongi

  1. Mbak mau tanya jadi kedai yakiniku yg menyediakan smua menu halal itu cuma yakiniku panga kah? Sempet liat di list menunya yakiniku panga yang diwebsitenya kok ada kanji babi 豚 tp kr yakin halal2 smua jd tadi fenda melipir ke sana (gara2 baca blog mbak Adek jg nih) mumpung ada harga murah buat lunch set hehe

    • Mbak kurang tau pasti juga Fen yang di Panga itu gimana, tapi kayaknya iya deh semua menunya halal, kayaknya mereka jadi sekalian pake daging halal aja gitu buat semuanya gak dipisah2.

      Klo soal tulisan 豚 di website nya mungkin karna website general nya ya Fen? Soalnya dia emang ada cabang lain klo gak salah, yang halal cuman yang di Satake itu

What do you think?

