Halal Yakiniku, Satsuma Tanden Yoyogi

Pada tau kan kalo Wagyu aka sapi Jepang itu dagingnya mahal gak ketulungan?! Konon kabarnya sapi-sapi Wagyu itu diternak dengan teknik tertentu demi supaya menghasilkan daging dengan kualitas terbaik. Ada yang diberi pakan khusus, diternak di lingkungan tertentu, bahkan gosipnya ada juga yang sapinya dipijat supaya dagingnya lebih empuk.

Setelah sekian lama saya vakum dari meng-update blog kuliner ini, sebenarnya ada kabar gembira untuk kita warga muslim yang tinggal di maupun ingin berkunjung ke Jepang (terutama Tokyo)! Dalam beberapa bulan terakhir, bermunculan berbagai jenis restoran yang telah mengantongi sertifikat halal dari institusi halal lokal Jepang maupun luar (seperti Malaysia), dan jumlah restoran halal ini cukup lumayan loh! Ada beberapa restoran yang sempat saya cicipi akhir-akhir ini, dan restoran terbaru yang saya datangi adalah “Satsuma Tanden” cabang Yoyogi.

Tampak depan

Tampak depan restoran Yakiniku Satsuma Tanden Yoyogi

Pintu depan

Tersedia menu halal!

Satsuma Tanden ini adalah restoran yakiniku yang menyajikan daging sapi Wagyu (tipe kuroge wagyu atau black wagyu) dari Kagoshima. Cabang restoran ini ada dua di Tokyo, tapi hanya cabang Yoyogi yang menyediakan menu halal, jadi jangan sampe salah ya 😀 Saya dan suami mampir ke Satsuma Tanden Yoyogi dalam rangka perayaan kecil setelah saya berhasil lolos dari “serangan” para profesor di pre-defense PhD saya beberapa hari sebelumnya. Dan kebetulan ada budget ekstra untuk perayaan kecil ini, dari bayaran kerja paruh waktu saya taun kemaren *lama bener yak 😀

Eniweey, Satsuma Tanden Yoyogi ini menyediakan menu halal course seharga 4.500 yen per orang. Perlu dicatat bahwa foto yang saya upload di sini adalah jumlah daging untuk dua orang, artinya dua piring daging itu harga totalnya adalah 9.000 yen sdoara-sodara! Eh tapi ini sudah termasuk minum sepuasnya selama 90 menit, satu mangkuk nasi, sup, dan dessert berupa brown sugar ice yang enak banget! Kalau dilihat dari struk yang saya terima saat membayar, dagingnya saja sih sekitar 3.000 yen per orang, tapi untuk saat ini sepertinya mereka hanya menerima reservasi menu course yang 4.500 yen per orang itu.

Sertifikat halal

Sertifikat halal dari asosiasi halal lokal

Menu

Halal menu

Di buku menu yang mereka sediakan memang tertulis juga beberapa pilihan daging dengan porsi lebih kecil (dan pastinya harga yang lebih murah), tapi waktu saya menelpon untuk reservasi, mas-masnya bilang mereka hanya menerima pesanan menu course. Mungkin jumlah pemesanan minimal supaya gak rugi kali ya.. Yang jelas dengan porsi segitu, saya dan suami sudah kenyang banget (gara-gara porsi nasinya juga sih ini kayaknya :D) dan sama sekali tidak merasa perlu memesan menu tambahan.

Daging1

Daging 1 *perhatikan label halal di piring, menandakan piring yang digunakan terpisah dengan piring lainnya*

Daging2

Daging 2

Sejujurnya, saya sendiri masih belum bisa benar-benar memahami beda antara daging sapi biasa dengan daging Wagyu yang mahhal itu *perhatikan “batik” daging seperti yang terlihat di foto, konon katanya itu bagian lemaknya, yang bikin si Wagyu enak! Dari dua plate daging yang saya cicipi, ada jenis daging yang lemaknya berasa enak banget dan meleleh di mulut *lebay* tapi ada juga yang lemaknya agak kenyal dan susah dikunyah. Bagian innard juga ternyata saya kurang suka, tapi ini sih tergantung preferensi masing-masing orang. Sayangnya saya gagal menangkap penjelasan mbak-mbak yang membawakan pesanan kami ke meja, padahal mbaknya udah dengan baik hati menunjukkan daging apa saja dan yang mana saja yang ada di plate itu 😀 Enaknya yakiniku di Satsuma Tanden ini adalah penyajian mix plate nya yang variatif, jadi kita bisa mencicipi beberapa jenis daging sekaligus, tidak seperti restoran yakiniku halal Gyumon di Shibuya (review menyusul :D) yang menu course nya hanya menyajikan tiga jenis daging (tapi dalam porsi yang lebih besar).

Daging pas dibakar

Itu si daging yang rada melengkung itu lemaknya berasa kenyal, kalo yang di kanannya enak banget meleleh di mulut 😀

Innard

Hati dan bagian lemak perut sapi

Brown sugar ice

Brown sugar ice yang seriusan enak banget deh!

Meja counter untuk pengunjung yang datang sendirian

Meja counter untuk pengunjung yang datang sendirian

Catatan penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah restoran yakiniku ini hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Takashimaya Shinjuku yang belum lama ini menyediakan fasilitas tempat shalat di lantai 11 pusat perbelanjaan itu. Jadi tak perlu khawatir lagi mencari taman atau lokasi yang sepi untuk menjalankan ibadah shalat sebelum atau sesudah menikmati wagyu di Satsuma Tanden Yoyogi! *bukan iklan berbayar*

Perlu diingat juga kalau Satsuma Tanden Yoyogi ini tetap menyajikan menu biasa (daging sapi yang tidak bersertifikat halal) serta minuman beralkohol untuk pengunjung lainnya. Sebagai pertimbangan untuk mereka yang mungkin memilih untuk tidak makan di restoran yang menyajikan minuman beralkohol.

Jadi, kalau ada kesempatan dan budget berlebih untuk mencicipi Yakiniku, sempatkanlah mampir ke Satsuma Tanden Yoyogi ini. Kapan lagi kan bisa makan yakiniku Wagyu halal langsung di tempat asalnya di jepun! 🙂

………………………

Lokasi:       

東京都渋谷区千駄ヶ谷5-21-12

Tokyo-to Shibuya-ku Sendagaya 5-21-12

Jam buka:  

Senin-Jumat: 11:30~15:00(L.O.14:30)/ 17:00~23:00(L.O.22:30)

Sabtu, Minggu dan hari libur: 16:30~22:30(L.O.22:00)

Telp:          03-6380-6203

 

Advertisements

6 responses to “Halal Yakiniku, Satsuma Tanden Yoyogi

  1. Pingback: Prayer Room di Takashimaya Shinjuku | Jalan-jalan, traveling, melala, voyages, 旅·

  2. Pingback: Halal Yakiniku Gyumon, Shibuya | Simply one meat lover's culinary diary·

  3. Hai Novriana!

    Liat postingan ini jadi sedikit menyesal gak sempat mampir mencoba daging wagyu di Satsuma Tanden Yoyogi, deket dengan Takashiyama pula. Hix..Hix..

    Negara Jepang sepertinya benar-benar ingin menarik wisatawan muslim ya.
    Ditunggu postingan makanan halal selanjutnya ya..

    • Hai juga, Vika! Waaah, sayang yaa gak sempet mampir ke sini, iya padahal deket dari Takashiyama loh.. Smoga ntar ada kesempatan main ke Jepang lagi trus nyobain wagyu nya Satsuma Tanden Yoyogi, ato mungkin Kobe beef sekalian (yang mahal banget itu) 😀

      Iya ni Jepang makin ramah buat muslim, restoran ramen halal juga mulai banyak bermunculan, insyaAllah nanti dibikin postingannya, hehe..

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s