Borobudur oh Borobudur

duh! motonya gak banget ya ternyata, ini saya apa kameranya yang salah ya ya sampe gak bisa masuk semua gini candinya.. 😀

Gara-gara baca salah satu cerita di TNT 3 (the naked traveler 3) nya mbak Trinity tentang Borobudur, jadi sadar kalo saya selama ini juga beranggapan Borobudur itu masuk satu dari tujuh keajaiban dunia. Abis baca cerita tentang Piramida Agung Giza di Mesir itulah saya baru tau kalo Borobudur itu masuknya ke World Heritage UNESCO alias 世界遺産, bukan tujuh keajaiban dunia 😀

Tapi tetep aja, walopun bukan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Borobudur itu keren abis doong! Bayangin aja, ada lebih dari 2.670 relief keren plus 504 patung Buddha di candi Borobudur ini (kata wikipedia). Udah gitu candi ini selesai dibangun taun 825 Masehi pula! Gak kebayang kan kalo seribu taun yang lalu udah ada arsitek yang bisa ngedesain bangunan secanggih itu, trus batu-batu dan semua bahan bangunan nya juga pasti diangkut manual pake tenaga manusia kan ya.. :O

Pertama kali saya berkesempatan mengunjungi Borobudur adalah sekitar bulan September taun 2002 waktu ikutan Olimpiade Sains Nasional di Jogja. Selain ke Borobudur kita juga ke Prambanan klo gak salah. Waktu itu kayaknya masi belum punya kamera digital deng saya, jadinya semua poto-poto selama disana tersimpan rapi di album foto di rumah *kenapalah pas pulang kemaren gak termasuk poto-poto yang dipoto ulang ya -_-

Waktu itu pastinya jalan kesana rame-rame bersama rombongan anak-anak SMA dari seluruh Indonesia, ciee.. Anak-anak Kimia pake kaos seragam biru terang. Trus juga ya ada beberapa temen yang sempet pake acara iseng nyobain masukin tangan ke salah satu Stupa buat megang Arca yang ada di dalemnya itu. Arca tertentu ato gimana saya pun gak inget pasti, yang jelas katanya klo kita nyampe megang Arca itu permohonan kita bakal terkabulkan 😀 Mitos mah ini, bisa-bisa malah ngerusak kan klo pake acara manjat-manjat segala, doh!

Kali kedua ke Borobudur itu waktu saya sukses ngekorin papa yang lagi ada acara pameran pertanian di Jogja. Saya yang kebetulan sedang kuliah S1 di UPH pun nyusul dari Karawaci ke bandara dan ikutan berangkat ke Jogjaaaa, hehe.. Sempet keliling-keliling juga bareng Nana (adeknya uni, temen SMA saya dulu) yang lagi kuliah di UGM. Naah, pas hari bebasnya papa dan bapak-bapak serta ibu-ibu lainnya, kita pun jalan-jalan ke Borobudur.

Waktu itu udah punya kamera digital pocket 2 megapixel doong! Jadi file foto sudah tersimpan dengan aman di hardisk eksternal 😀

terakhir kalinya jalan-jalan sama mama..

dipikir-pikir kok kayaknya saya gak dapet turunan gen narsisnya papa ya.. :p

Pas bikin postingan ini jadi sempet googling dikit tentang Borobudur dan menemukan web iniiiii http://www.borobudurpark.co.id/

Keren juga manajemen nya Borobudur ternyata. Dulu kayaknya saya paling gak pernah cari tau sejarahnya dengan lengkap sebelum kesana, main berangkat aja ngikut papa, ternyata oh ternyata ada info detail begini! 🙂

Klo ada kesempatan lagi, pengeeen banget main ke Borobudur ato Prambanan. Tapi pengennya beneran pake guide lokal yang mungkin punya cerita-cerita “tak biasa” tentang Borobudur yang gak ada di brosur ato pun di websitenya, hehe ngarep.. Plus bawa Nikon dan lensa wide juga pastinya 😀 Smoga bisa kesampaian deh, amiiin…

Advertisements

4 responses to “Borobudur oh Borobudur

  1. Olimpiade Sains Nasional 2002? Kimia? Wah berarti kita samaan Dek ahaha… wah Gak nyangka… tahun itu aku juga ikutan utk bidang kimia… meski gak lolos ahaha… soalnya tujuanku dah melenceng dari awal: Jalan-jalan gratis ahaha. Masih ingat anak2 Kimia pake Kaos Biru, kunjungannya selain ke Borobudur juga ke Keraton Jogja kan ya?! Terus ada undangan makan malam juga dari Keraton Jogja haha… wah-wah…

    • Heeee, sou na no?? adek juga gak lolos Nang, inget banget ada bapak-bapak yg nakut-nakutin bakal belajar kimia dari pagi sampe malem, padahal adek sebenernya gak suka kimia dulu, jadilah dengan sedikit “sengaja” cuman jawab 2 soal saja dari 5 (?) soal yg isian panjang waktu itu, hihi..
      Iya iya jadi inget ke Keraton Jogja nya juga itu, natsukashii naaa…

    • Hehe, udah gak inget lagi kak siapa aja yang sempat ketemu waktu itu, cuman inget temen yang barengan dari Riau sama temen sekamar pas di sana, itu pun gak inget persis lagi namanya 😀

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s