Summer school di Sendai plus jalan-jalan dikit ^^ (part 1)

Tahun ini adalah kedua kalinya saya ikut serta dalam Summer School of Radiation yang penyelenggaranya sama dengan summer school tahun kemarin di Mito (ups, yang ini belum ada catetannya, hehe..), dan tahun ini diadakan di Sendai sodara-sodara! Saya sempat takut juga sih, soalnya beberapa hari sebelum berangkat itu masih lumayan sering gempa dan kadang pusat gempanya masih di sekitaran Tohoku sana -dan kejadian dong waktu hari kedua summer school pas saya lagi shalat sempat berasa gempa lumayan gede di sana. Tapi walau bagaimanapun ini adalah kesempatan saya untuk jalan-jalan gratis dan dibayarin Shinkansen ke arah utara yang belum pernah saya jamah sebelumnya *halah!

Alkisah berangkatlah saya sekitar jam 9 pagi tanggal 1 Agustus dari stasiun Ueno. Hari itu adalah hari pertama puasa. Yang kebayang waktu itu adalah bagaimana repotnya saya nantinya di jam sahur di penginapan. Soalnya tiap summer school ini biasanya saya akan satu kamar dengan peserta lain yang pastinya non-muslim. Rasanya kurang nyaman kalau jam 2 dini hari saya kasak-kusuk makan sahur sementara mereka sedang tidur nyenyak.

Eniweeey, saya tetap membulatkan tekad untuk berangkat dan untuk pertama kalinya mencicipi naik Tohoku-shinkansen! Ternyata tiket shinkansen yang saya beli hari itu semua gerbongnya dua lantai sodara-sodara! Jadi nuansanya berbeda dengan shinkansen yang biasa saya tumpangi kalau jalan ke arah selatan. Hari itu saya juga sempat melewati Fukushima dan sedang hujan pula! Jadi berasa suram deh Fukushima 😦

the Tohoku-shinkansen

numpang lewat doang di Fukushima..

Begitu mendarat di Sendai-eki saya pun langsung berusaha mencari tempat pemberhentian bus untuk ke penginapan sesuai yang diumumkan panitia minggu sebelumnya. Keliling sana-sini hampir 10 menitan saya masih gagal menemukan tempat bus sampai kemudian tiba-tiba tanpa sengaja saja berpapasan dengan salah satu lab member yang juga sedang mencari tempat naik bus. Berhubung teman lab saya ini orang jepun, dan pastinya lebih terpercaya soal cari-mencari nyari jalan di wilayah kekuasaannya kan, jadilah saya ikut dia saja sampai ke tempat bus yang diberitahukan di email, hehe..

Mendarat di Sendai

Sesi “kuliah” siang itu langsung dimulai sekitar jam setengah 3 setelah semua peserta berkumpul. Lecture-nya semua dalam bahasa Jepang sodara-sodara! Oh well, memang dari awal saya sudah tahu kalay lecture di summer school ini akan full dalam bahasa Jepang, tapi sungguh saya tidak menyangka saya benar-benar blank parah karna berbagai istilah riset dalam bahasa Jepang yang sama sekali gak bisa saya tangkap. Walhasil mengantuklah saya sepanjang siang sampai sore hari itu :p

Untungnya makan malam baru dimulai sekitar jam tujuh malam, jadi pas banget sama jam buka puasa. Saya bisa shalat maghrib dulu di kamar baru kemudian turun ke ruangan tempat makan. Dan karena tempat summer school itu selalunya adalah hotel ala jepun yang lengkap dengan onsen (hot spring), makanannya pun pastinya 和食 alias ala jepun yaaang masih belum bisa saya nikmati dengan maksimal. *Tapi sekarang saya sudah lumayan bisa makan sih dibandingkan dengan awal-awal dulu. Selesai makan saya langsung kembali ke kamar dan benar-benar menolak ajakan untuk ikut party ronde kedua sesama peserta yang lain. Btw, penginapan kali ini onsennya keren euy, ada onsen yang open space macam di film-film gitu! 😀 Tapi bagaimana mungkin saya bisa masuk, mereka tak punya onsen private 😦

papan nama penginapan

Nah, malam itu saya pun mulai kepikiran masalah sahur, mana restoran padang terdekat untuk beli lauk sahur kan *ngarep 😀 Untungnya dalam jangkauan lima menit jalan kaki dari penginapan ada convenience store Lawson, jadi saya bisa beli onigiri untuk sahur ditambah cup noodle koka laksa yang memang sengaja dibawa dari rumah. Malam sebelum tidur akhirnya saya izin ke teman-teman sekamar dan bilang kalau nanti sekitar jam 2 subuh saya mungkin akan bangun untuk sahur dan shalat. Alhamdulillah mereka semuanya pengertian dan tidak ada yang keberatan ^^

Hari kedua pun dilanjutkan dengan lecture session sampai sekitar jam 12-an dan dilanjut poster session jam empat sorenya. Pertama kali euy saya ikut poster presentation! Satu-satunya yang pakai bahasa inggris pula waktu itu. Nasip memang diinstruksikan bos besar untuk ikut, padahal semua peserta lain pakai bahasa jepun. Tapi ya apa boleh buatlah, mana bisa protes ke bos besar 😀 Naaah, dari jam 12 setelah lecture sampai jam 4 sebelum poster session dimulai, kita diberikan waktu bebas dong sodara-sodara! Dan pastinya saya pun langsung memanfaatkan kesempatan 3 jam itu untuk jalan-jalan di sekeliling penginapan. Daripada bengong-bengong tak jelas kan 😀 Senangnya selama jalan-jalan tanpa arah itu saya menemukan beberapa spot menarik dan langsung foto-foto sana-sini.

toko robot-robotan dari barang/kaleng bekas gitu

Siang itu saya jalan cukup jauh sampai ke jembatan Nozoki (kanan atas di foto), dilanjutkan dengan jalan santai menyusuri Rairai-canyon. Rairai-kyo (Rairai-canyon) ini sepanjang jalan sudah dilengkapi dengan pagar loh ya, jadi kita tidak bisa turun ke bawah apalagi main air di sungai *ngarep*

the Rairai canyon datte.. 😀

jalanan yang udah dipager sepanjang Rairai-kyo

Singkat cerita saya kembali ke penginapan lagi sekitar jam setengah empat. Setelah menyimpang kamera ke kamar, saya pun berangkat menuju ruangan tempat sesi poster dilangsungkan. Presentasi poster saya yah begitu-begitu sajalah. Maklum presentasi saya dalam bahasa Inggris jadi tidak terlalu banyak yang datang dan bertanya 😀 Malamnya seperti biasa ada social hour di mana tiap kampus menampilkan performance (lucu) di depan panggung dan biasanya slalu ada hubungannya dengan radiasi dan kawan-kawannya, hehe.. Oiya, sejak dari taun kemarin, slalu ada Kyogen dari sensei di Kyoto univ. Kyogen adalah semacam performance pembuka atau di antara Noh, dan tema Kyogen taun ini adalah jikken (eksperimen) di lab nuklir 😀

Selama summer school ini saya cuma berhasil tidur empat jam euy tiap malamnya! Dari jam 3an setelah shalat subuh, sampai jam 7 saja sebelum mulai sesi pagi. Akhirnya setelah penuh perjuangan menahan kantuk selama tiga hari karena tak bisa memahami lecture dari para sensei, saya berhasil melewati summer school dengan selamat sampai hari terakhir jam 12 siang. Hari itu hampir semua peserta diantar dengan shuttle bus dari hotel kembali ke stasiun Sendai.

Naah, di Sendai ternyata waktu itu sedang heboh persiapan festival Tanabata sodara-sodara! Jadwalnya sih dua hari setelah kepulangan saya dari Sendai, jadi benar-benar sangat tidak mungkin memperpanjang waktu menginap saya di Sendai karena pasti diharuskan bos besar untuk masuk lab di hari berikutnya. Padahal katanya Festival Tanabata di Sendai ini termasuk yang paling besar di jepun. Belum rezeki emang. Smoga nanti ada kesempatan lagi untuk main ke Sendai, dan bertepatan dengan jadwal Tanabata lagi mungkin 😀 Tapi yang penting saya sempat foto-foto dong pastinya di stasiun. Ada banyaaak sekali hiasan Festival Tanabata yang dipajang.

few of so many decorations at the station

Selesai foto-foto di sekitaran stasiun, saya pun memutuskan untuk mulai mencari tiket kereta ke Matsushima. Dari perhitungan saya, saya masih punya waktu sekitar empat jam untuk jalan-jalan ke Matsushima supaya pulang ke Tokyo-nya bisa naik shinkansen jam 6 sore (biar gak terlalu kemaleman gitu tiba di Tokyo-nya). Setelah cek dan konfirmasi ke petugas stasiun, saya pun langsung beli tiket kereta, menyimpan barang-barang di loker, dan kemudian berangkaaaat… ^^

Lesson learned: ternyata di Sendai masih bisa pake Pasmo ato Suica, klo di Kansai kan belum bisa tu, jadinya selama di Sendai kemarin saya cuma beli tiket sekali dan selanjutnya pip-pip-in Pasmo saja, hehe.. 

barang-barang di loker di Sendai-eki ^^

… cerita jalan-jalan singkat di Matsushima bersambung ke postingan berikutnya.. ^^

PS: yang mau langsung liat-liat poto nya ada disini.. ^^

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s