(2009) 18-kippu’s trip, Himeji-RinkuuTown (4/4)

The great Himeji Castle!

Ceritanya ini adalah hari terakhir perjalanan 18-kippu saya tahun 2009. Karna udah kecapean dan gak sanggup lagi seharian naik densha plus transfer sana-sini, diputuskanlah nyari bus malam aja buat balik ke Tokyo. Tapi pas ngecek online ternyata bus ke Tokyo banyak yang udah penuh sodara-sodara!!  Tapi emang dasar nekat, paginya saya malah jalan-jalan dulu sama si Naely Wusqy ke Himeji-castle, hehe..

Kita berangkat pagi sekitar jam 9 dari apato (kos-kosan, -red) Naely. Ketemuan dulu sama Bemy dan Yoga -temennya si Naely- trus jalan bareng ke Himeji-castle. Klo gak salah densha dari Kobe ke Himeji ini makan waktu sekitar satu jam perjalanan. Dan ongkosnya lumayan mahal euy kesana, 950 yenbboow!! sempet melakukan tindakan kriminal ya nek waktu itu? :p

Begitu nyampe Himeji-castle kita pun masuk lewat gerbang utama dan muter-muter di dalem. Masuk Himeji-castle ini mesti bayar 600 yen! Lumayan mahal sih menurut saya untuk ukuran masuk castle, tapi waktu itu saya dan Naely dapet rejeki nomplok ditraktir Bemy, hehe.. Tararengkyu ya Bem.. ^^

Dan betapa beruntungnya saiya karna sudah menyempatkan diri mengunjungi castle yang menurut japanguide adalah “Japan’s most spectacular castle ini, karna ternyataaaa sejak April 2010 kemaren Himeji castle direnovasi besar-besaran sampe sekitar Maret 2015 ntar. Gak tau kan bakal masih di jepun ato gak taun segitu ntar 😀 Oiya, di pintu depan kita sempet terjebak ngeliatin banyak banget burung di sekitar jembatan gerbang depan. Sempet ngeliat Elang juga euy waktu itu, なんかいい感じだった。。Sambil ikutan ngasih makanan juga pastinya.

Kita pun keliling-keliling castle sambil liat pajangan peralatan-peralatan buat berburu dan berperang dari jaman dahulu kalanya orang jepun. Dan di puncak, ada lonceng buat berdoa yang tradisinya dibunyiin dulu sebelum orang-orang jepun sini berdoa. Daan yang paling keren menurut saya adalah miniatur castlenya yang keliatan luaaaas dan detail banget.

Kita di Himeji sampe rada siangan dan baru pulang setelah beres makan siang. Pas udah rada sorean saya dan Naely pun kembali mendarat dengan selamat di stasiun Kobe. Dadah-dadahan sama Naely abis beli tiket densha, dan kemudian saya berangkat menuju tempat beli tiket bus. Alhamdulillah masih rejeki sodara-sodara! Masih ada seat kosong buat bus ke Tokyo malam itu. Tadinya buat jaga-jaga udah mau nekat aja jadi penyusup di dorm-nya mak Anggi, hihi..

Eh iya ada cerita unik juga ni tentang tiket densha dari Kobe-station ini. Waktu itu dikasih tau Naely ada semacam counter yang jual tiket dengan harga murah (kayak counter orang jual pulsa itu loh klo di Indonesia) untuk berbagai tujuan kereta. Sampe sekarang masih kepikiran itu orang yang jualan berarti beli 回数券 alias beli tiket banyak kali ya? Soalnya ada beberapa line yang ngasih diskon kalo kita beli tiket dalam jumlah banyak, misalnya beli 5 dapet 6 gitu, jadinya si mbak-mbak yang jualan bisa jual tiket dengan harga lebih murah gitu kali ya. Waktu itu pengen nanya tapi kemampuan nihongo terbatas 😀 Tapi dipikir-pikir kayaknya yang bikin beginian gak mungkin orang Jepun deh ya, hehe.. Eniweeey, yang penting saya berhasil dapet tiket dengan harga sedikit lebih murah dari harga tiket biasa buat ke Osaka-station.

Abis beli tiket bus saya segera meluncur menuju Osaka-station lanjut ganti kereta ke Rinkuu town tempat kak Ang dan mbak Ulfah. Ini ni, tiket denshanya juga mahal, 1,050 yen klo gak salah dari Osaka-station. Rugi di ongkos densha pokoknya saya hari itu, soalnya udah gak pake 18kippu, haha.. Tadinya mau main ke pantai sambil nungguin sunset gitu karna dorm-nya Anggi deket daerah pantai-pantai gitu kaaaan.. Tapi apa daya, musim dingin sunsetnya cepet banget sementara perjalanan ke tempat kak Ang makan waktu ampir satu jam. Jadilah udah ampir lewat sunset pas saya nyampe Rinkuu town, hiks..

noise-nya dahsyat juga ternyata.. 😀

Dari eki saya pun dijemput mak Ang dan kemudian naik shuttle bus ke dorm. Menyelundup ke kamar mak Ang numpang shalat dan mandi-mandi (mandi gak ya saya waktu itu? haha..), trus turun ke kantin deh buat makan malam. Ditraktir kak Ang dan mbak Ulfah pastinya 😀

Gile enak banget euy dorm-nya Kansai Center! Di menu kantinnya ada steak halal booow… Tapi masih belum rejeki saya ternyata, steaknya pas banget lagi abis, jadinya makan ayam panggang plus takoyaki saja deh. Dan abis makan dibungkusin pizza deh buat bekal di jalan, hehe..

Beres makan kita lanjut ngobrol-ngobrol bentar di lobby dorm-nya kak Ang trus jam 8an saya pun balik ke eki menuju tempat naik bus buat balik ke Tokyo… ^^ Semaleman di bus kayaknya saya cuman berhasil tidur sebentar saja, kebiasaan susah tidur di jalan -_-” Saya nyampe Tokyo-eki besok paginya sekitar jam tujuh. Dan karena hari itu weekdays ーklo gak salah hari Senenー stasiun penuh dengan orang-orang yang lagi berangkat kerja. Walopun kucel, kecapean, bawa tas gede, kedinginan *lebay deh! saya cuek aja ikutan desak-desakan di kereta dan akhirnya mendarat di dorm dengan selamat setelah melanglang buana *halah* selama lebih kurang 9 hari 9 malam, hehe.. 超楽しかった!!

selembar tiket 18 kippu yang berhasil diselamatkan dan sempet difoto begitu mendarat di dorm Komaba.. 😀

Total damage aka “dompet damage” adaaaalah 😀 *rada random dan kayaknya gak semua kecatet euy*

Kobe halal food 400
Ke rinkuu town pp 2,000
Loker hari itu 600
 Total 29210

Total sekitar 30 ribu yen sih, tapi pluus-plus beli omiyage dan makan-makan di Nagano (waktu di Gusto sok-sok nrraktir gitu, hehe), jadilah total keluar duitnya 43 ribuan. 9 hari 9 malam dan cuman sekali nginep bayar di karaokean, sisanya silaturahim alias “numpang”, hihi..

Full album supposed to be uploaded to Flickr, just put some here, will update later.. 😀