(2009) 18-kippu’s trip, Yoshinogari-Fukuoka-Kobe (3/4)

Yoshinogari Historical Park

Pagi berikutnya kita berangkat menuju Yoshinogari. Yoshinogari ini adalah ancient ruins sitenya Jepun yang cukup tua, dari jaman Yayoi (300 B.C. – 300 A.D.). Hari itu kita jalan-jalannya gak pake 18-kippu, soalnya cuman ke Yoshinagari trus lanjut ke Fukuoka, jadi sayang tiket 18 kippu-nya klo gak dipake seharian. Di Yoshinogari ini pastinya kita keliling-keliling dong ya. Tempatnya luaaaas banget, pas lagi taun baru pulak kita disananya, jadi yaaa pas lagi ada acara dan lumayan rame pastinya.

tak lupa sesi foto sepatu-sepatu yang telah sangat berjasa sepanjang perjalanan, haha..

Di Yoshinogari sini kita sampe naik ke gedung ーalias rumah-rumahー model jaman dahulu kalanya juga, sampe ada patungnya segala boo’ di dalem, serem mampus pas pertama masuk! Langsung kaget begitu ngeliat ada patung-patung mirip banget sama manusia asli lagi duduk di dalam ruangan yang super gelap, huuu… Poto di bawah ini mah udah pake flash sodara-sodara, aslinya gelaaaap!

… patung serem itu …

Ada banyak bangunan-bangunan lain juga di Yoshinogari ini, masing-masing lengkap dengan cerita dan sejarah taun berapa bangunan model itu dibangun, dipake buat tujuan apa, dll dll. Capek deh pokoknya keliling-keliling disana, untung aja lagi musim dingin, jadi gak pake acara keringetan super 😀

peratiin deh warsidi make tas kak Ang + syal saya dan kemduian jadi sangat feminin :p

Oiya, sempet dapet mochi (rice cake) juga di pintu depan pas udah mau keluar. Lagi ada acara bikin mochi bersama hari itu sekalian ngerayain tahun baru. Jadi orang-orang bisa ikutan nyobain mukul si mochi atau ikutan makan doang juga boleh. Saya mah gak mau capek-capek ya, langsung ngantri ngambil mochinya saja tanpa ikutan mukul di lesung, hehe..

kirin atas: orang yang lagi nyobain mukul mochi
kiri bawah: mochi yang dibagi-bagiin hari itu
kanan: poto si Naely bersama mascot Yoshinogari

Trus saya juga “nemu” anak kecil deng di ruang tunggu pintu depan Yoshinogari ini, jadi sempet poto-poto dulu deh sambil nungguin temen-temen yang nyobain mukul mochi. 

duuuh asa pengen nyubit-nyubit pipi si dedeeeek 😀

Abis dari Yoshinogari ini kita pun melanjutkan perjalanan ke Fukuoka. Gaya euy kita pake kereta ekspress, gak ngegembel lagi gara-gara udah lumayan kesorean. Lupa waktu itu nambahnya 600 apa 900 yen dari ongkos biasa. Dan nambah bayarnya ini bisa di dalam kereta aja pas petugasnya lagi muter-muter. Di Fukuoka kita mengunjungi senpai (senior) Panasonic saya yang istrinya baru saja ngelahirin anak pertama mereka, Arfan-kun. Kita mendarat di eki terdekat dari apato si senpai sekitar jam 4 sore, beli taiyaki dulu di eki, trus jalan rame-rame sambil heboh-hebohan menuju apatonya si senpai.

Pas nyampe alhamdulillah kita langsung disambut dengan tahu isi maknyus buatan nyonya rumah. Sampe pake acara ikutan goreng gitu euy saya! Walopun rada gagal sih, haha.. Di apato senpai ini saya juga ketemu sama salah satu temen pas seleksi Panasonic taun 2008 dulu di Indonesia. Ngobrol-ngobrol sana-sini dan para wanita pecinta anak-anak pun pada request minta difoto sambil ngegendong Arfan-kun, ckckck :p

Abis bikin keributan dan numpang shalat, kita pun akhirnya memutuskan jalan menuju Fukuoka tower. Karena pas musim dingin malem tu datengnya cepet banget, jadinya di Fukuoka kita gak sempet keliling-keliling beneran di kotanya. Ke Fukuoka tower juga cuman poto-poto di luar doang, hihi.. Tapi lumayanlah, toh sebenernya cuman numpang lewat ini sebelum lanjut jalan lagi besoknya.

sukses moto tanpa tripod ngikutin teknik pak Edi Susilo waktu maen ke jembatan di Bandung dulu :p

Abis dari Fukuoka-tower tadinya kita mau makan di restoran India yang konon kabarnya enak banget menurut si senpai. Tapi ternyata restorannya tutup sodara-sodra, huuu.. Nasip udah jalan jauh-jauh ke restorannya padahal -_-” Akhirnya kita pun mendarat di Soba-Udon店 saja. Nasip mahasiswa muslim di perantauan ya emang begini, makanan favorit kalo lagi jalan-jalan paling ya Soba ato Udon yang rata-rata kaldunya dari ikan. Tapi porsi Soba waktu itu gede banget euy! Saya masih inget banget mbak Ulfah abis makan langsung bilang “ugokenai” alias gak bisa bergerak lagi, lengkapn dengan ekspresi ala dewa mabok, hahaha..  Padahal gak abis ya itu mbak Ulfah Sobanya? 😀

Beres makan kita pun langsung menuju tempat karaokeee… *sepertinya saiya sudah kecapean dan gak sempet moto apa-apa lagi sejak dari abis makan Soba* 😀 Waktu itu kita dateng bertujuh, jadi sangan tidak mungkin numpang nginep di apato senpai saya itu. Udahlah jumlah personilnya gak masuk akal buat numpang, ada dedek bayi baru lahir pulak disana, bisa kacau ntar :p Jadilah malam itu kita karaokean sampe pagiiiii… Gak karaokean terus-terusan juga sih, ada yang tidur juga pastinya. Tapi kayaknya saya sama Naely gak pake tidur sama sekali dan malah heboh itung-itungan utang piutang selama perjalanan.

Besoknya subuh-subuh banget kita berangkat kembali menuju Kansai area. Dadah-dadahan sama Warsidi sama Muti yang telah berbaik hati nemenin kita sampe ke Fukuoka. Merekanya balik ke Saga dan kita pun lanjut 18 kippu-an lagiii….

Perjalanan ditempuh dalam waktu lebih kurang sembilan jam. Dari sejak berangkat subuh-subuh itu, saya sama Naely nyampe Kobe pas masih lumayan sore. Sore itu rombongan pun berpencar. Kang Ang sama mbak Ulfah balik ke Kansai center, Nur ke Osaka ke tempat temennya dan saya pun numpang nginep semalam lagi ke tempatnya Naely di Kobe. Tadinya sempet sok-sokan mau maen ke Kobe port malemnya, tapi ternyata kecapean parah dan diem di apato saja 😀 Daaaan, malemnya dengan segala keterbatasan bahan dibuatlah dendeng batokok buat makan malam kita hari itu, hihi.. Klo diinget-inget lucu juga ya nek, bawang putih buat ungkepan dagingnya dikeprek doang boow, trus cabenya kasar-kasar gitu aja direbus trus dipenyet-penyetin 😀 Malemnya langsung tidur cepet karna udah kecapean parah. Waktu tidur pun mungkin saya tanpa sadar menindas Naely yang berperawakan kurus, haha maapkan diriku neeeek….

Besoknya adalah hari terakhir perjalanan 18 kippu saya taun itu. Cuman sempet main ke Himeji bareng Naely, trus ke Rinkuu town tempatnya mak Anggi dan mbak Ulfah, trus balik ke Tokyo deh naik bus malam sendirian.. ^^

*bersambuuuung…. 😀

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s